***SELAMAT DATANG DI RUANG INFORMASI KEGIATAN WARGA RT 027 RW 07 PENGOK KIDUL KEL. BACIRO KEC. GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA***

PERKENALAN PENGURUS RT DAN RW 2015-2018 BERLANGSUNG MERIAH DAN PENUH KEAKRABAN

Sebanyak 686 Pengurus RW dan 2532 Pengurus RT berkumpul di Grha Wana Bhakti Yasa Yogyakarta, Jum'at (22/5) malam untuk menghadiri acara Perkenalan Pengurus RT dan RW Masa Bhakti 2015 – 2018 se-Kota Yogyakarta. Hadir pula dalam acara tersebut Walikota Yogyakarta beserta jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakata, perwakilan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta, Forum Pimpinan Daerah (FORKOMPINDA), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), serta segenap camat dan lurah se-kota Yogyakarta



Acara yang menjadi gawe dari Pemkot Jogja ini diadakan sebagai ajang perkenalan dan ramah tamah antara seluruh pengurus RT dan RW masa bakti 2015-2018 dengan jajaran Pemkot, selain itu juga menjadi manifestasi dukungan psikologis sekaligus pengarahan dari Pemkot Jogja kepada segenap pengurus RT/RW yang terpilih dalam menjalankan tugas-tugasnya untuk tiga tahun ke depan.

Pelaksanaan acara sendiri berlangsung dengan meriah dan penuh keakraban. Ribuan hadirin yang memenuhi Grha Wana Bhakti Yasa dihibur dengan pagelaran musik dan tari dari Warung Angkring TVRI Yogyakarta, Gang X, dan Avie Kusnadi. Dalam acara tersebut Walikota ikut membaur dengan segenap hadirin menikmati kemeriahan acara, bahkan di puncak acara, orang nomor satu di Yogyakarta tersebut tak canggung untuk berjoged serta berfoto bersama hadirin dan pengisi acara.

Di sela-sela acara dibagikan pula doorprize berupa sepeda motor, TV LED, serta smartphone. Pemilihan pemenang doorprize dilakukan dengan cara yang cukup unik. Selain dilakukan pengundian nomor, pemenang juga dipilih berdasarkan usia. Satu ketua RT/RW termuda, dan dua ketua RT/RW tertua, masing-masing berhak membawa pulang satu unit TV LED. Tercatat sebagai pemenang yang beruntung adalah Ketua RT termuda yang berasal Kelurahan Gowongan dengan usia 20 tahun, sementara Ketua RT tertua untuk pria berusia 80 tahun dan ketua RT wanita tertua berusia 74 tahun. Masing-masing berasal dari Kelurahan Tegalpanggung dan Panembahan.

Sementara itu Walikota Yogyakarta, H. Haryadi Suyuti dalam sambutannya mengingatkan jajaran Pengurus RT/RW agar mampu melihat pelimpahan kewenangan hingga tingkat Kelurahan dan Kecamatan sebagai peluang untuk dapat lebih memberikan partisipasinya bagi pembangunan serta peningkatan kesejahteraan sosial di tingkat masyarakat paling bawah.

“Dengan adanya pelimpahan kewenangan di tingkat wilayah Kelurahan dan Kecamatan yang sudah cukup besar, saya harap perangkat RT/RW tidak merasa terbebani namun justru dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menyalurkan aspirasinya dengan turut aktif dalam pembangunan tingkat wilayah” Ungkap Haryadi di hadapan ribuan hadirin yang memenuhi Grha Wana Bhakti malam itu.

Ditambahkan oleh Haryadi di Kota Jogja tersebut, dengan adanya acara ini, kemitraan antara Pemkot dengan pengurus RT/RW selaku pemegang pemerintahan di tingkat paling bawah dapat terjalin semakin baik.

“Saya berharap kemitraan antara Pemkot dan segenap pengurus RT dan RW ini dilandasi oleh kerjasama dari hati ke hati” Kata Haryadi mengakhiri sambutan singkatnya.

Sementara, Renal A. Sinaga dari FORKOMPINDA yang malam itu didaulat untuk memberi pengarahan mengatakan agar pengurus RT/RW sebagai pemimpin yang berinteraksi secara langsung dengan masyarakat agar selalu memangku jabatannya dengan penuh tanggung jawab berdasarkan Ketuhanan dan prinsip kepimpinan Ki Hajar Dewantara.

“Dalam kata ketua, akan selalu diikuti oleh tanggung jawab, walau tanggung jawab ini berat, namun ini juga suatu kehormatan dan kebanggaan bagi bapak ibu sekalian. Saya ingatkan, sebagai pemimpin ada empat asas yang harus selalu diingat, yaitu taqwa kepada Tuhan, dan tiga yang lain adalah seperti apa yang dikonsepkan Ki Hajar Dewantara, yaitu ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani” Pesan pria yang juga menjabat sebagai Dandim 0734 YKA tersebut. (ams)

Humas Kota Yk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar